Inilah Sejarah Asal Usul Blogger (Blogspot)

Inilah Sejarah Asal Usul Blogger (Blogspot) - Bagi orang awam mungkin tidak tahu apa yang dinamakan blog, blogspot atau blogger. Mereka hanya tahu mengunjungi atau berselancar di internet adalah situs yang dapat memuat suatu portal berita atau sesuatu yang mereka cari di internet padahal, sebagian dari yang mereka kunjungi ialah blogspot atau blogger.

blog, blogger, blogspot, asal usul blogspot.com, sejarah blogger,

Blog merupakan hasil evolusi dari diary online: Diary atau catatan harian mengenai pendapat, opini, dan apapun itu dalam bentuk yang dipublikasikan secara online (menggunakan website). Salah seorang pioneer dari internet-based journalist ini adalah Justin Hall, yang melakukan membuat online diarynya Justin Links From The Underground ketika dia masih mahasiswa dari Swarthmore College.
 Baca Juga: Ini Dia 5 Wanita Terkuat dan Terbaik Sepanjang Sejarah
Blogger sebenarnya adalah sebuah sistem publikasi blog (blog publishing system) yang pada awalnya dibuat oleh Pyra Labs pada tanggal 23 Agustus 1999 dan merupakan sebuah dedicated blog-publishing tool pertama kali yang diperuntukkan untuk membantu mempopulerkan format tersebut.

Asal Usul Blogspot
 
Blogspot atau blogger pertama kali diperkenalkan oleh Pyra labs pada tanggal 23 Agustus 1999 sebagai salah satu perangkat blog pertama didunia. Blogspot juga berperan sebagai salah satu perangkat yang mempopulerkan format blog ke seluruh dunia.

Pada tahun 2003 Google mengakuisisi Blogspot menjadikan blogspot sebagai anak perusahaannya. Setelah diakuisisi oleh google, fitur fitur blogspot yang sebelumnya premium ditangan google semuanya digratiskan hingga saat ini.

Sebelum menjadi terkenal seperti sekarang ini, blogspot hanya digunakan sebagai catatan harian online yang hanya menyimpan data data pribadi atau keseharian saja namun, sekarang ini banyak digunakan sebagai media berbagi informasi, mencari banyak teman ataupun mencari uang dengan cara pasang iklan, toko online, jual EBook, ataupun dengan cara lainnya.

Berikut adalah beberapa kelebihan Blogspot atau Blogger.com yang dapat memudahkan penggunanya dalam mengolah website gratisannya

1. Mudah Dibuat.
 
Cara membuat blog gratis di blogspot tidaklah sulit syarat utamanya adalah anda hanya diharuskan memiliki akun Google.ini akan sangat berguna untuk membuka atau sign in ke seluruh fitur yang disediakan oleh google termasuk daftar blogspot. Setelah anda memiliki akun google anda tinggal mengikuti perintah yang diinstruksikan oleh blogger.

2. Fitur Full Gratis.

Semua fitur yang disediakan oleh Blogger.com adalah gratis. Tentunya ini sangat memudahkan para pengguna untuk mengolah websitenya agar lebih menarik dan memudahkan para pengunjung websitenya. Layanan gratis ini tidak akan anda temukan pada layanan CMS lain.

3. Tutorial Sangat Mudah Ditemukan

Selain anda bisa mendapatkan tutorial mengolah blog langsung dari panduan blogspot, anda juga akan sangat mudah mendapatkan informasi dalam mengolah blogspot karena banyak sekali blogger yang menulis artikel tentang tutorial blogspot dengan gaya bahasa yang lebih mudah dimengerti. Jadi anda tidak perlu khawatir "tersesat" ataupun kebingungan.

4. Terhindar dari Para Hacker

Seperti yang kita ketahui, Google adalah perusahaan raksasa yang tidak mungkin keamananya dapat ditembus begitu saja oleh para hacker. Berbeda dengan domain yang dapat kita beli dari pasaran, domain tersebin tidak ada jaminan akan terhindar dari para peretas website.

5. Mobile Friendly.

Setelah melalui beberapa pengembangan, kini blogspot telah memiliki fitur mobile friendly yang memudahkan bagi para pengakses blog melalui smartphone.

6. SEO (Search Engine Optimization).

Search Engine Optimization adalah upaya untung mengoptimalkan sebuah blog di mesin pencari. Seperti yang kita tahu sekarang ini mesin pencarian dikuasai oleh google. Tentunya anak perusahaan google akan lebih di spesialkan di pencarian google dibandingkan dengan perusahaan penyedia CMS lainnya. Jadi bukan tidak mungkin blogspot akan lebih mudah menembus top page dibandingkan dengan CMS gratisan lainnya.

7. Ringan dan Cepat.
 
Dengan fitur yang canggih pengguna internet tidak perlu menunggu lama dalam mengakses blogspot.
Loading yang dapat membuat pengguna lumutan, akan membuat pengunjung kapok mengunjungi web anda.

Itulah sejarah singkat dan beberapa kelebihan blogspot dibandingkan dengan layanan CMS gratisan lainnya. Baca juga: Sejarah Asal Usul Komputer Sebenarnya. Mudah mudahan artikel ini bermanfaat.